-->

iklan

Iklan

Program Komunitas Peduli Anak Disosialisasikan di Kecamatan Baranti Sidrap

ERSAN/ICCANK KORWIL SULSEL
16.3.21, Selasa, Maret 16, 2021 WIB
masukkan script iklan disini


SIDRAP.KOMPAKNEWS.CO.ID—Sosialisasi Program Komunitas Peduli Anak (Kompak) berlangsung di Kantor Kecamatan Baranti, Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (15/3/2021).

Kegiatan dilaksanakan Balai Anak Toddopuli Makassar bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Sidrap. 

Peserta sosialisasi sebanyak 30 orang, terdiri unsur dinas sosial, kejaksaan, pengadilan negeri, Muspika Kecamatan Baranti.

Ada juga kepala puskemas, kepala desa, lurah, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat di Kecamatan Baranti. 

Kepala Balai Anak Toddopuli Makassar, Christiana Junus menjelaskan, Program Komunitas Peduli Anak merupakan bagian dari Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) Anak berbasis komunitas.

"Bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat guna bersama-sama peduli dan berpartisipasi melindungi anak-anak yang ada di lingkungan mereka," terangnya.

Christiana menguraikan, kegiatan akan dilaksanakan dalam bentuk penguatan kapasitas dengan pendekatan Enabling Community Action. Pendekatan ini digunakan untuk menggerakkan masyarakat agar bersedia terlibat dan mampu mengatasi permasalahan anak yang terjadi di wilayahnya.

“Tidak hanya mampu mengatasi, Kompak diharapkan akan mampu untuk mengidentifikasi kebutuhan, menyusun dan melaksanakan aksi nyata untuk memberikan dukungan kepada anak dan keluarga dengan mengandalkan kekuatan dan kemampuan masyarakat sendiri,” papar Christiana. 

Sementara Kepala Dinas Sosial Sidrap, Soalihin menyambut baik pelaksanaan program Kompak di Kecamatan Baranti.

"Diharapkan pihak desa dan kelurahan memberikan dukungan kepada Kompak yang akan dibentuk di daerahnya," sebutnya. 

Dalam sosialisasi ini, pihak Kecamatan Baranti akan melakukan replikasi Kompak yang sebelumnya telah dilaksanakan di Desa Sipodeceng.

Madi
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini