-->

Iklan

Pengurus IPIM Kecamatan se-Kabupaten Sidrap Dikukuhkan, Disaksikan Bupati Sidrap dan Imam Besar Masjid Istiqlal

ERSAN/ICCANK KORWIL SULSEL
6.8.21, Jumat, Agustus 06, 2021 WIB
masukkan script iklan disini


SIDRAP.KOMPAKNEWS.CO.ID—Pengurus Cabang Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) kecamatan se-Kabupaten Sidenreng Rappang, resmi dikukuhkan, Rabu (4/8/2021). 

Pengukuhan dilaksanakan di Aula Kompleks SKPD Sidrap, dipimpin Ketua Pengurus Daerah IPIM Sidrap, H. Bachtiar, S.Hi., M.Si. Pengukuhan disaksikan langsung Bupati Sidrap, Ir. H. Dollah Mando, dan Ketua Pengurus Wilayah IPIM Provinsi Sulsel, Drs. KH. Maskur Yusuf, M.Ag.

Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Sidrap, Dr. Muhammad Idris Usman, S.Ag., MA., dan Kabag Kesra Sidrap, Patriadi, SE., M. Adm. Pemb.

Acara berlangsung spesial dengan kehadiran secara virtual Ketua IPIM Pusat yang juga Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, MA.    

Ketua IPIM Sidrap, H. Bachtiar dalam laporannya memaparkan, anggota IPIM Kabupaten Sidrap saat ini sebanyak 2.014 orang dari 502 masjid di 11 kecamatan se-Kabuaten Sidrap.

"IPIM bergerak untuk meningkatkan kualitas imam, utamanya bacaan dan kemampuan khutbah jumat," sambung Bachtiar yang juga merupakan Kadis Kominfo Sidrap itu.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sidrap yang memberi perhatian tinggi terhadap pembinaan IPIM. Perhatian tersebut di antaranya pemberian baju seragam serta pembuatan dan pencetakan buku bahan khutbah dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa bugis.

"Tahun lalu Pak Bupati memberi bantuan 400 lembar seragam, saat ini ada 500 lembar lagi. Demikian pula bantuan Pak Bupati untuk bahan khutbah, yang disusun oleh pengurus IPIM dan dibagikan kepada para imam masjid," tutur Bachtiar.

Bupati Sidrap, H. Dollah Mando berharap para imam masjid dapat terus meningkatkan kualitas, baik bacaan alquran dan kemampuan berdakwah.

"Selalu mengikuti cara Nabi Muhammad berdakwah. Hindari saling menyalahkan, kuasai persoalan dari berbagai sudut pandang, beri pencerahan yang baik kepada masyarakat," pesan Dollah.

Ia juga berharap, para imam masjid dapat ikut mendorong masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan mengatasi pandemi covid-19.

"Ingatkan jemaah dan masyarakat untuk terapkan protokol kesehatan. Tidak kalah penting juga selalu berdoa agar diberi keselamatan dari pandemi, doa untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, daerah dan negara kita," lanjut Dollah.

Sementara Ketua IPIM Pusat, Nasaruddin Umar, menyampaikan apresiasi kepada Bupati Sidrap atas perhatian kepada IPIM Kabupaten Sidrap.

"Semoga perhatian ini terus berlanjut dan mewujudkan Sidrap yang makmur, sejatera dan beriman," ujar Nasaruddin.

Kepada anggota IPIM Sidrap, Nasaruddin berpesan agar dalam melaksanakan tugas dapat diterima di masyarakat dan memberikan pencerahan yang baik.

Nasaruddin juga menyatakan, ketika covid-19 telah berakhir dan pembatasan kegiatan diloggarkan, IPIM dari pusat hingga daerah melaksanakan program pasca covid agar masjid-masjid kembali dimakmurkan.

"Insya Allah ketika pandemi covid-19 telah berakhir, IPIM pro-aktif agar jemaah kembali ke masjid, bagaimana masjid menjadi pusat pemberdayaan umat, ekonomi umat dan perkembangan masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sidrap, H. Dollah Mando menyerahkan baju seragam dan buku khutbah jumat kepada para pengurus IPIM kecamatan se-Kabupaten Sidrap.

ERSAN
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini