-->

Iklan

Bertandang ke Sidrap, Ketua DPD RI Peroleh Gelar Adat dari Addatuang Sidenreng

ERSAN/ICCANK KORWIL SULSEL
17.11.21, Rabu, November 17, 2021 WIB
masukkan script iklan disini


SIDRAP KOMPAKNEWS CO.ID—Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti bertandang ke Kabupaten Sidrap, Rabu (17/11/2021). Dalam kunjungannya itu, LaNyalla diberikan gelar "Petta Punggawae To Mappatunru" dari Addatuang Sidenreng. 

Penganugerahan dilakukan di Saoraja Wanio Addatuang Sidenreng, Kecamatan Panca Lautang oleh Addatuang Sidenreng XXV, Achmad Faisal Andi Sapada.

Prosesi tersebut dihadiri Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi, Camat Panca Lautang, Muhammad Basri dan unsur forkopimda Sidrap.

Tampak pula beberapa senator antara lain, Andi M Ihsan (Sulawesi Selatan), Habib Ali Alwi dan Ali Ridho Azhari (Banten), Djafar Alkatiri (Sulawesi Utara), Lili Amelia Salurapa (Sulsel).

Selain itu ada juga Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23, PYM Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong, Sekjen DPP Majelis Adat Kesultanan Nusantara (MAKN) DRA Hj Yani WS Koeswodidjoyo dan Ketua Tim Pokja Kerajaan Nusantara Yurisman Star.

LaNyalla yang disambut Tari Padupa dengan iringan gendang khas Sidenreng Rappang, disusul prosesi penganugerahan dengan diberikan keris, selempang dan plakat.

"Makna filosofis yang terkandung atau arti dari gelar tersebut adalah, LaNyalla dinobatkan sebagai Sang Bangsawan pemimpin yang sejati dan berwibawa," kata Addatuang Sidenreng XXV, Achmad Faisal Andi Sapada.

Achmad Faisal Andi Sapada menjelaskan, Ketua DPD RI sangat berjasa besar bagi Addatuang Sidenreng. LaNyalla telah memberikan spirit motivasi dan rasa bangga kepada Addatuang Sidenreng untuk terus membina adat di masa datang.

"Kepedulian Ketua DPD RI terhadap Kerajaan Nusantara sangat luar biasa. Ketua DPD RI merupakan orang pertama yang berani menyatakan bahwa kerajaan dan kesultanan Nusantara punya andil besar bagi pendirian bangsa. Sehingga perlu mendapat perhatian yang lebih besar oleh pemerintah," tegasnya.

LaNyalla menyampaikan ucapan terima kasih atas pemberian gelar tersebut. Senator asal Jawa Timur ini juga siap menjaga amanah dan kepercayaan yang telah diberikan.

"Terima kasih saya diberikan kehormatan sebagai keluarga besar Kerajaan Sidenreng. Anugerah gelar ini akan memotivasi saya untuk melanjutkan perjuangan dalam memajukan bangsa, terutama kemajuan kerajaan dan kesultanan Nusantara," katanya.

ERSAN
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini