Iklan

Berurai Air Mata, Tangis Jamal Tak Terbendung Saat Sudarmin Baba Bantu Perbaiki Rumahnya

ERSAN/ICCANK KORWIL SULSEL
5.1.22, Rabu, Januari 05, 2022 WIB
masukkan script iklan disini


KOMPAKNEWS.CO.ID—Tangis Jamal (60) tak bisa terbendung saat mendapat uluran tangan dari Anggota DPRD Kabupaten Sidrap Sudarmin Baba yang membantu memperbaiki rumahnya.

Jamal mengaku berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Sidrap Sudarmin Baba, bahkan saat menyampaikan ungkapan rasa terimakasihnya ucapannya terhenti, Jamal berusaha menahan tangis, namun usahanya itu gagal, air matanya pun mengalir deras. Air mata Jamal seakan mengungkap betapa derita berkepanjangan yang dihadapinya.

"Saya sebelumnya tidak pernah dapat bantuan, saya bersyukur dan terimakasih kepada pak Sudarmin Baba," ungkapkanya, Rabu 5 Januari 2022.

Jamal dan Istrinya Ibaya (50) tinggal di rumah kebun bersama 6 anggota keluarganya di Kelurahan Lajonga, Kecamatan Panca Lautang, Kabupaten Sidrap.

Ukuran rumahnya sekira 3X5, Selain penuh sesak dengan dihuni 8 jiwa, rumah Jamal hanya terbuat dari bambu beratapkan daun Nipah, itupun telah rusak, jika hujan airpun membasahi lantai bambunya, untuk mengurangi agar tak terkena hujan, Jamal menggunakan terpal sebagai atapnya.

Derita kehidupan Jamal seolah belum menemui ujung, sebelumnya Jamal dan keluarga harus kehilangan tempat tinggalnya  lantaran tersapu bencana besar di Palu, Sulawesi Tengah pada 2018 silam, Jamal kemudian memutuskan pindah ke Kampung Halamannya di Kabupaten Sidrap.

Usai pulang kampung, sekira dua tahun lebih, kehidupan Jamal dan keluarga masih sangat jauh dari kata sejahtera, bahkan untuk makan pun kesulitan, hal itu dibenarkan oleh Azizah Mondong warga setempat.

"Betul itu kasihan, untuk makan nasi saja kadang-kadang susah, biasa makan ubi saja kalau tidak bisa beli beras," ucapnya dengan raut wajah sedih.

Sementara Sudarmin Baba mengatakan, Kondisi Jamal itu diketahu dari Kepala Kelurahan Lajonga, yang menyampaikan jika ada warganya yang membutuhkan bantuan. Sudarmin Baba yang juga PLH Partai Demokrat Sidrap tersebut mengunjungi rumah Jamal, Ia membenarkan jika rumah Jamal tidak layak huni dan kondisinya memptihatinkan, karena itu ia membantu menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah Jamal.

"Jadi Bu Lurah ber inisiatif memindahkan rumah Jamal di lahan milik Bu lurah, karena sekarang tinggal di rumah kebun yang juga tanah orang," ungkap Sudarmin.

Karena itu, Sudarmin Baba berjanji akan membantu menyediakan kebutuhan bahan termasuk memberi bantuan uang tunai. Ia juga meminta Lurah Lajonga untuk melengkapi dokumen kependudukannya agar bisa didaftarkan sebagai penerima bantuan oleh pemerintah.

"Nanti saya kawal proses pembangunan rumahnya yang dibangun di tanah Bu lurah, dan tolong Bu Lurah dokumen kependudukannya dilengkapi," ucapnya.

Sementara Lurah Lajonga Jumiati tak henti-hentinya menyampaikan terima kasihnya atas bantuan Sudarmin Baba kepada warganya tersebut. Ia juga mengatakan sengaja memindahkan rumah Jamal agar tidak tinggal di kebun yang jauh dari pemukiman warga, juga untuk memudahkannya untuk memantau kebutuhan keluarga tersebut.

"Saya sampaikan banyak terima kasih kepada pak Dewan yang telah membantu warga saya," katanya.

ERSAN IWO
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini