-->

Iklan

Memaknai Hari Gizi Nasional, RSUD Arifin Nu’mang Sidrap Gugah Kesadaran Cegah Stunting dan Obesitas

ERSAN/ICCANK KORWIL SULSEL
26.1.22, Rabu, Januari 26, 2022 WIB
masukkan script iklan disini


KOMPAKNEWS.CO.ID—Setiap tanggal 25 Januari, Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional. Tahun 2022 ini merupakan peringatan ke-62, mengangkat tema "Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas".

Momen ini turut diperingati jajaran RSUD Arifin Nu’mang Kabupaten Sidrap, Selasa (25/1/2022). Berbagai kegiatan dilaksanakan, di antaranya membagikan makanan sehat dan segar buat seluruh petugas, penentuan status gizi dan konsultasi gizi di ruang poliklinik pada pasien rawat jalan, dan membagikan minuman sehat buat pasien yang sedang  dirawat di RSUD Arifin Nu'mang.

Tidak kalah pentingnya, mereka menggungah kesadaran untuk mencegah kekurangan gizi yang menyebabkan terjadinya stunting, di sisi lain menghindari gizi lebih, yang memicu resiko obesitas. 

Sebagaimana disampaikan Ketua Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Sidrap, Nursalam, AMG, berdasar Global Nutrition Report 2021, 1 dari 9 penduduk dunia menderita kelaparan, sementara 1 dari 3 penduduk dunia gizi lebih atau obesitas.

“Selain itu hampir seperempat balita mengalami tubuh pendek, sementara gizi lebih dan obesitas meningkat secara cepat hampir diseluruh negara di dunia,” ujar Nursalam yang merupakan Kasubag Program dan Evaluasi Kinerja tersebut.

Risma Ernawati,S.ST.,M.M., selaku Wakil Ketua Persagi Sidrap sekaligus Kepala Instalasi Gizi RSUD Arifin Nu’mang menjelaskan, stunting terjadi karena kurangnya asupan gizi anak dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), yaitu sejak anak masih di dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.

“Adapun obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akumulasi lemak abnormal atau berlebih ynag terjadi akibat ketidakseimbangan asupan energi dengan energi yang digunakan dalam waktu yang lama,” paparnya.

Lebih jauh Risma megutarakan, dampak masalah gizi stunting yakni gagal tumbuh, berat lahir rendah (BLR), kecil, pendek, kurus, daya tahan rendah, mudah sakit, dan menurunkan produktivitas di masa depan. Dampak lain, menimbulkan gangguan perkembangan kognitif, nilai sekolah dan keberhasilan pendidikan SDM tidak berdaya.

“Sementara gangguan metabolisme tubuh beresiko obesitas dan terkena penyakit tidak menular seperti jantung, hipertensi dan diabetes,” imbuh inovator “Mbah Sijaka” (Mengelola Limbah Sisa Makanan Menjadi Berkah) yang meraih penghargaan dari Gubernur Sulsel beberapa waktu lalu. 

Selanjutnya, Risma tidak lupa mengungkap pedoman gizi seimbang untuk mencegah terjadinya masalah gizi, stunting dan obesitas. Pedoman tersebut yakni membiasakan komsumsi aneka ragam makanan pokok, membatasi konsumsi penganan manis,asin dan berlemak, melakukan aktivitas fisik yang cukup dan mempertahankan berat badan ideal , membiasakan konsumsi lauk pauk berprotein tinggi, dan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

“Biasakan sarapan pagi, biasakan minum air putih yang cukup dan aman, banyak makan buah dan sayur, biasakan membaca tabel pada kemasan pangan, serta syukuri dan nikmati aneka ragam makanan,” lanjutnya.

Sekaitan peringatan Hari Gizi Nasional di RSUD Arifin Nu’mang, Risma Ernawati mengucapkan terima kasih kepada Direktur, dr. H. Budi Santoso, M.Si., semua pejabat manajemen, kepala ruangan  beserta stafnya atas bantuan dan kerjasamanya. 

Sementara itu, ucapan selamat dan dukungan atas peringatan Hari Gizi Nasional, juga disampaikan jajaran RSUD Arifin Nu’mang, di antaranya:

“Pada peringatan Hari Gizi Nasional yang ke-62 tahun ini, sangat menggugah semangat dan memotivasi kita untuk meningkatkan asupan gizi anak-anak dan keluarga kita agar dapat bertumbuh dan berkembang dg sehat dan ceria. Jayalah terus  para ahli gizi Indonesia dlm mempertahankan kesehatan bangsa.” (Henny Irawati,S.Kep.,Ns.)

“HGN RS Arifin Nu'mang tahun ini dirayakan dengan berbagai rangkaian kegiatan salah satunya penyajian snack rebusan sehat ala Instalasi Gizi yang diberikan ke seluruh petugas dengan penyajian yang menarik begitu pula pada pasien yang sedang dirawat. Hal ini dilakukan bertujuan penyebarluaskan informasi dan promosi terkait gizi kepada masyarakat bagaimana pentingnya gizi optimal dalam mewujudkan pembangunan SDM berkualitas. Semoga ke depannya Instalasi Gizi RS Arifin Nu'mang dengan segala kreativitasnya menghadirkan kegiatan-kegiatan menarik tiap tahunnya.” (Kepala Ruangan ICU, Rahmawati Mahmuddin ,S.Kep.,Ns.)

“Perayaan Hari Gizi Nasional di RS  Arifin Nu'mang berkat kerja sama dengan semua profesi di Rs Arifin Nu'mang, juga dapat sponsor dari Kalbe Farma, Kalbe Nutrisi, Ensure dan Nestle.” (Kasi Pengembangan Sistem Layanan, Henny irawati,S.Kep.,Ns.)

“Terima kasih banyak buat Bapak  Direktur, semua pejabat manajemen, kepala ruangan   beserta stafnya sehingga perayaan HGN di RS Arifin Nu'mang meriah dan Sukses.” (Bendahara Persagi Sidrap dan Adm Instalasi Gizi, Marlindah, SKM)
 
“ Terima kasih tim Instalasi Gizi atas pembagian makanan sehatnya di Hari Gizi Nasional yang diperingati sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat akan kesehatan melalui gizi yang seimbang. Aksi bersama cegah stunting dan obesitas sebagai ajakan kepada masyarakat untuk meningkatkan kepedulian pada gizi demi kesehatan tubuh.” (Ns.Wiwi Ekawati, SST)

“Dengan diadakannya kegiatan aksi bersama Staf Gizi RS Arnum akan membantu mencegah stunting dan obesitas. Pemenuhan gizi bagi anak adalah kunci kemajuan dan kekuatan bangsa.Selamat Hari Gizi Nasional.” (Kepala Ruangan Sentral Opname, Rusnaini, SKM) 

“Selamat Hari Gizi Nasional ke-62. Bila kau ingin membuat kerajaan maka milikilah olahraga dan gizi. Mengapa? Sebab olahraga adalah raja dan gizi adalah ratu. Gizi seimbang prestasi gemilang. Selamat Hari Gizi Nasional, Sehat Negeriku Sehat Bangsaku.” (Hj. Parida Laupe, S.Kep.,Ns.)

Ersan
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini