-->

Iklan

Gubernur Sulsel Hadiri Peringatan Hari Jadi ke-678 Sidenreng Rappang

ERSAN/ICCANK KORWIL SULSEL
18.2.22, Jumat, Februari 18, 2022 WIB
masukkan script iklan disini


KOMPAKNEWS.CO.ID—Peringatan Hari Jadi ke-678 Sidenreng Rappang dilaksanakan dalam rapat paripurna di gedung DPRD Sidrap, Jumat (18/2/2022). Peringatan dihadiri Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, didampingi Bupati Sidrap, H. Dollah Mando dan Wakil Bupati, Mahmud Yusuf.

Rapat paripurna dibuka Ketua DPRD Sidrap, H. Ruslan. Serangkaian kegiatan dilaksanakan di kesempatan itu, diawali pembacaan sejarah singkat Sidenreng Rappang oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi.

Dilanjutkan penandatanganan naskah perjanjian kerja sama Pemkab Sidrap dan PT. Pelabuhan Indonesia Regional IV tentang Pelayanan Tata Kepelabuhanan dan Bidang lainnya. Ada pula penyematan pin emas kepada Wa’ Tappu, tokoh masyarakat penggerak massa dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19, serta penyerahan perjanjian kerja sama pengembangan kebudayaan antara Pemkab Sidrap dengan Addatuang ke-25 Sidenreng Rappang.

Acara juga diisi penyerahan penghargaan penanganan dan pelaksanaan vaksinasi covid-19, dan penghargaan penggerak ekonomi masyarakat. Disusul penyerahan santunan sosial kepada anak yatim, piatu, dan yatim piatu di bawah 18 tahun yang orang tuanya meninggal karena covid.
Selain itu, penyerahan penghargaan atas prestasi Top 30 kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi Sulsel Tahun 2021 atas nama Risma Ernawati dari RS Arifin Nu’mang atas inovasi “Mbah Sijaka” (Mengolah Limbah Sisa Makanan Jadi Berkah).

Penyerahan hasil rumusan Musyawarah Tudang Sipulung Terpadu tahun 2022 dari Bupati Sidrap ke Plt. Gubernur Sulsel mengisi acara berikutnya. Sebaliknya, Plt. Gubernur Sulsel menyerahkan bantuan keuangan kepada Bupati Sidrap senilai Rp6 miliar untuk mendukung pembangunan jembatan dan rehabilitasi daerah irigasi. Tak hanya itu, Plt Gubernur juga menyerahkan bantuan CSR berupa mobil operasional optimalissi PAD dari PT. Bank Sulselbar kepada Bupati Sidrap.

Sebagaimana lazim dilaksanakan di setiap peringatan hari jadi, dilakukan peresmian sejumlah proyek yang ditandai penandatangan prasasti oleh Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.
Di kesempatan itu, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan selamat hari jadi ke-678 Sidenreng Rappang. Ia mengapresiasi pembangunan yang terus dilakukan di daerah berjuluk Nene Mallomo tersebut.

Ia menyebut, Sidrap selalu mejadi tolok ukur di Sulwesi Selatan, utamanya di sektor pertanian. “Makanya yang perlu dibangun dan diperkuat adalah irigasi yang bagus. Selanjutnya benih, Insya Allah kita ada benih unggul yang ditangkar sendiri yang akan kita bagi gratis ke petani,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Sidrap, H. Dollah Mando mengatakan, sesuai data BPS, tahun 2020 meskipun mengalami kontraksi minus 0,59 persen, namun pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sidrap masih lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional yang tumbuh minus 2,07 persen, dan Sulawesi Selatan minus 0,7 persen. 

Selanjutnya tahun 2021, seiring membaiknya pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan yang pada triwulan ketiga secara kumulatif tumbuh 3,56 persen, di tahun 2021 Kabupaten Sidrap diperkirakan tumbuh sekitar 5 persen. 

“Oleh karena itu tahun 2022 ini kita harapkan menjadi momentum pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih baik. Kondisi inilah yang melatar belakangi peringatan hari jadi Sidenreng Rappang tahun ini mengangkat tema ‘Ekonomi Bangkit, Sidrap Kuat’” papar Dollah. 

Peringatan tersebut dihadiri unsur Forkopimda Sidrap, sejumlah Kepala OPD Sulsel, pejabat Pemkab Sidrap, pimpinan partai politik, perguruan tinggi, instansi vertikal, BUMN dan BUMD, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

ERSAN
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini