-->

Iklan

Guru Wajib Aktivasi Akun Belajar.id dan Menautkan di SIM PKB

ERSAN/ICCANK KORWIL SULSEL
31.3.22, Kamis, Maret 31, 2022 WIB
masukkan script iklan disini


KOMPAKNEWS.CO.ID—Workshop pemanfaatan akun belajar.id dan Canva for education berlangsung di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Pangsid, Kecamatan Maritenggae, Sidrap, Rabu (30/3/2022).

Kegiatan kerja sama Disdikbud dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sidrap diikuti 76 guru SMP negeri dan swasta se-Kabupaten Sidrap. 

Tujuannya workshop untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengaktivasi pemanfaatan akun belajar.id sebagai SSO SIM PKB.

Di samping itu, juga untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik dengan menggunakan Canva for education.

Kabid Guru dan PK Disdikbud Sidrap, Syamsuddin mengatakan, saat ini seluruh guru wajib mengaktivasi akun belajar.id lalu menautkan di SIM PKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) berdasarkan surat dari Kemendikbudristek.

"Total guru TK, SD dan SMP di Sidrap ada 3.879. Semuanya harus mengaktivasi akun belajar.id lalu ditautkan ke SIM PKB. Saat ini, sudah 80 persen guru melakukan aktivasi tersebut," ucapnya.

Dikatakannya, pengaktivasian akun belajar.id itu diperpanjang hingga 12 April 2022 yang sebelumnya hanya sampai 12 Maret 2022.

"Ini ada kebijakan dari kemendikbudristek perpanjangan pengaktivasian akun belajar.id. Olehnya itu, guru yang belum aktivasi diharapkan segera melakukan aktivasi sebelum batas waktunya habis," ucapnya.

Sementara, Ketua Panitia Workshop Aktivasi Akun Belajar.Id, Muhammad Natsir Ede menyampaikan, jika masih terdapat guru yang belum aktivasi, maka nantinya akan kesulitan masuk ke dalam SIM PKB.

Oleh karena itu, kata dia melalui kegiatan tersebut diharapkan guru-guru yang menjadi peserta perwakilan sekolah-sekolah yang ada di Sidrap nantinya mampu melatih guru lainnya di sekolah mereka masing-masing.

Agus Salen, salah seorang panitia dari JSDI mengatakan, pelatihan tersebut dibagi dalam enam zona. Pertama di wilayah Panca Lautang gabung dengan Tellu Limpoe untuk 63 guru SD.

Zona kedua yakni di kantor UPT Pitu Riawa dengan peserta 74 guru SD dari Pitu Riase, Pitu Riawa, dan Dua Pitue. Zona ketiga di SDN 1 Panca Rijang dengan peserta 69 guru SD dari Panca Rijang, Kulo dan Baranti.

Kemudian zona empat di SDN 14 Maritenggae dengan peserta 74 guru SD dari Maritenggae, Watang Pulu dan Watang Sidenreng. Zona lima di SMPN 2 Pangsid dengan peserta 76 guru SMP negeri dan swasta se-Sidrap.

Selanjutnya zona enam dilaksanakan di SMPN 3 Pangsid dengan peserta 140 guru TK se-Sidrap.

"Kegiatan ini dilaksanakan mulai 21 hingga 31 Maret yang meliputi 6 zona dengan harapan dapat memberikan pengetahuan cara aktivasi akun belajar.id secara merata di kalangan guru tingkat TK, SD dan SMP," tandasnya.

ERSAN 
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini