-->

Iklan

Ketua DPD JOIN Sidrap desak Polres Sidrap Proses Laporan penghinaan Profesi Wartawan dan Meminta Kanwil BRI Sulsel Copot Pincab BRI Sidrap.

ERSAN/ICCANK KORWIL SULSEL
12.3.22, Sabtu, Maret 12, 2022 WIB
masukkan script iklan disini


KOMPAKNEWS.CO.ID—Beredarnya penghinaan Profesi Wartawan di Medsos yang dilakukan oleh Oknum di duga Pegawai BRI Kab Sidrap dan beberapa orang lainnya yang berujung pelaporan ke Polres Sidrap oleh Jurnalis yang bertugas di daerah ini disikapi Pengurus DPD JOIN (Jurnalis Online Indonesia) Kabupaten Sidrap melalui  Ketuanya Kadir A.Setiawan, C.PI.,C.PW.

Menurut Kadir, Perbuatan oknum tersebut sangat melukai perasaan para Wartawan yang tersebar di seluruh Indonesia utamanya Wartawan yang bertugas di Bumi Nene Mallomo Kabupaten Sidrap.
Oknum tersebut harusnya mengetahui Tugas seorang Wartawan untuk mencari Informasi terkait kejadian yang terjadi di Masyarakat kemudian Mengelola data informasi tersebut dan melakukan Wawancara dan Klarifikasi yang akan di susun dalam bentuk berita untuk di baca masyarakat sebagai Informasi Akurat dan bukan Hoax,"Jelasnya.

Selain itu, Kadir sangat menyesalkan sikap Kepala Cabang BRI Sidrap dan Sekretarisnya yang enggan ditemui dan Wawancara dengan Wartawan tentang Klarifikasi Bobolnya Dana Nasabah BRI dengan alasan sibuk, seandainya Kepala Cabang BRI Sidrap bisa terbuka dengan Wartawan yang ingin klarifikasi sebagai bentuk keterbukaan Informasi Publik sesuai UU Informasi Publik No.14 tahun 2008 tentu peristiwa ini tidak terjadi.

Untuk itu, Kadir Mendesak Kasat Reskrim Polres Sidrap untuk segera melakukan pemeriksaan kepada Oknum yang di duga menghina Profesi Jurnalis serta meminta Kepala Wilayah BRI Provinsi Sulsel untuk mengevaluasi dan mencopot Kepala Cabang BRI Sidrap yang bekerja tidak sesuai Slogan BRI "Melayani Setulus Hati".

Sebelumnya ramai di Medsos tentang penghinaan Wartawan yang dilakukan Beberapa pemilik Akun di Medsos.

Dari hasil penelusuran, Akun IG tersebut, diduga milik salah seorang karyawan BRI Sidrap yang sengaja melecehkan profesi wartawan yang ada didaerah ini.

Selain akun Hariyanti526, juga ikut dilapor yakni pemilik akun Veeraavr, Mila_Keysha, Lajapa67, _Ayou95.

Dugaan penghinaan yang mereka lakukan berawal dari postingan Berita berjudul “Alasan Sibuk, Pinca BRI Sidrap Enggan Ditemui Soal Rekening Nasabah Dibobol” di IG SidrapInfo.

Komentar dugaan penghinaan profesi wartawan dimulai dari akun IG Lajapa67 yang menulis “begitu kalau tidak dikasi uang sembarang naposting”.

Akun Hariyanti526 menulis “Tania informasi, tapi dui nabutuhkan”. Akun Veeraavr menulis “dui matanna kak”.

Sementara, pemilik akun _Ayou95 menulis “Media memang begitu”, dikomentar lainnya, akun _Ayou95 menulis “pengemis elit”.

Sementara itu, akun Mila_Keysha menulis “makkuaro memeng papaacci memberitakan anu tidak benar. Mammata doi”.

Karena merasa dilecehkan, sejumlah wartawan melaporkan hal tersebut terkait pencemaran nama baik dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Resmi kami melapor ke Polres Sidrap atas penghinaan dan pelecehan profesi wartawan terhadap beberapa pemilik akun IG yang salah satunya diketahui adalah pengawai BRI Sidrap," Ungkap Wartawan Senior Sidrap Hasman Hanafi
Didamping Ibrahim dan H Purmadi Muin, Hasman berharap agar kasus ini secepatnya diproses dan para pelaku segera diamankan.

Di tempat terpisah, Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Arham Gusdiar saat ditemui diruang kerjanya mengaku akan segera memperoses kasus dugaan penghinaan terhadap profesi wartawan yang di lakukan beberapa pemilik akun tersebut.
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini