Breaking News

Dipimpin Gubernur Sulsel, Pemkab Sidrap Ikuti Rakor Arus Balik



KOMPAKNEWS.CO.ID—Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar rapat koordinasi arus balik lebaran Idulfitri 1443, Kamis malam (5/5/2022).

Kegiatan dipimpin Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman berlangsung secara tatap muka di Baruga Pattingngaloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Makassar.

Wakil Bupati Sidrap, H. Mahmud Yusuf hadir langsung di kesempatan itu. Tampak pula unsur forkopimda Sulsel serta para kepala daerah se-Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini juga tersambung secara virtual diikuti aparat terkait seluruh kabupaten/kota. Tak terkecuali jajaran Pemkab Sidrap yang mengikuti acara di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Sidrap.

Hadir mengikuti rakor, Asisten Administrasi Umum, Nasruddin Waris, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Siara Barang, Kabag Pemerintahan, Fandy Anshary, Sekretaris BPBD, Andi Nirwan, serta beberapa perwakilan OPD.

Turut dalam kesempatan itu, Kasdim 1420 Sidrap, Mayor Arm Ari Widarto, dan Kabag Ops Polres Sidrap, Kompol Nasri.

Rakor ini juga diikuti para camat, lurah, dan kepala desa secara virtual di lokasi masing-masing.

Adapun dalam rakor itu, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan puncak arus balik diperkirakan mulai tanggal 7 hingga 8 Mei 2022.

Kapolda Sulsel juga membeberkan, yang menjadi atensi adalah beberapa lokasi titik rawan lokasi macet arus balik. Di antaranya, simpang lima Bandara Kota Makassar, jalan poros Camba Kabupaten Maros, jalan poros Palangga pertigaan Limbung Kabupaten Gowa, dan Jalan Diponegoro Kabupaten Takalar.

Hal-hal yang perlu diantisipasi, kata Kapolda Sulsel, yakni penyempitan jalan, kendaraan mogok, lakalantas, pasar tumpah, kemacetan diruas jalan toko oleh-oleh dan antrian di SPBU, termasuk tempat wisata.

Lebih jauh Kapolda Sulsel menyebutkan, setelah melakukan pemantauan di beberapa lokasi secara terpadu, diperkirakan kurang lebih 260 ribu penumpang akan melakukan arus balik.

"Kita akan menyiapkan perseonel di titik-titik lokasi rawan kemacetan nantinya. Untuk menghindari kemacetan panjang agar kiranya masyarakat lebih awal melakukan perjalanan sebelum puncak arus balik," ungkap Kapolda.

Sementara Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengimbau seluruh pihak untuk senantiasa menyiapkan diri demi kenyamanan dan ketertiban arus balik ini.

Ia juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh personel yang telah memberikan pelayanan selama mudik lebaran sehingga dapat berjalan aman dan lancar.

"Setelah momentum mudik, kita sekarang akan dihadapkan dengan momentum arus balik, oleh karena itu segala sesuatunya perlu persiapan agar masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman nantinya," harap Sudirman

Di kesempatan itu, Gubernur Sulsel juga meminta kabupaten/kota untuk terua mengimbau masyarakat agar melakukan vaksinasi booster.

"Sinergi kabupaten/kota sangat kami harapkan dalam percepatan vaksinasi," sebut Sudirman.

Acara tersebut sekaligus menjadi silaturahim Gubernur Sulsel pasca Idulfitri 1443 Hijriah. Sudirman Sulaiman pun menyampaikan selamat Idulfitri dan permohonan maaf lahir dan batin.

0 Komentar

© Copyright 2022 - KOMPAKNEWS.CO.ID