Iklan

Samakan Persepsi OPD, Inspektorat Sidrap Simulasi Penilaian Maturitas New SPIP

ERSAN/ICCANK KORWIL SULSEL
29.7.22, Jumat, Juli 29, 2022 WIB
masukkan script iklan disini


KOMPAKNEWS.CO.ID—Inspektorat Daerah Kabupaten Sidenrang Rappang melakukan simulasi penilaian maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah terintegrasil (New SPIP) berbasis aplikasi, Kamis (28/7/2022).

Kegiatan menghadirkan para kasubag perencanan organisasi perangkat daerah (OPD), berlangsung di Aula Kantor Inspektorat Sidrap, Kompleks SKPD, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu.

Auditor Madya Inspektorat SIdrap, Kasriah Sanusi menjelaskan, tujuan kegiatan untuk menyamakan persepsi  seluruh OPD dalam melakukan penilaian mandiri maturitas penyelenggaraan SPIP di lingkupnya masing-masing.

Kasriah selanjutnya mengungkap, penilaian mandiri bertujuan mengukur keberhasilan organisasi perangkat daerah dalam menyelenggarakan SPIP. 

“Berbeda dengan penilaian maturitas SPIP sebelumnya yang hanya menilai unsur-unsur SPIP, penilaian saat ini lebih kompleks yakni mengintegrasikan penilaian SPIP dengan penilaian Manajemen Risiko Indeks (MRI), Indeks Efektivitas Pencegahan Korupsi (IEPK), dan kapabilitas APIP,” papar Kasriah.

Diutarakannya pula terdapat tiga poin penting dalam penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP pemerintah daerah. Pertama, penetapan tujuan dan strategi pencapaian tujuan/perencanaan (kualitas sastra pemda, sastra OPD, program dan kegiatan).

Kedua, struktur dan proses (penilaian atas implementasi pengendalian intern dalam 25 sub unsur SPIP) tahun 2021. Ketiga, pencapaian tujuan/hasil (dalam perspektif 4 tujuan SPIP; T1: efektifitas dan efisiensi, T2: keandalan lap keu, T3: pengamanan aset, T4: ketaatan terhadap peraturan). 

 "Harapannya, ke depan Pemerintah kabupaten Sidrap  dapat meraih level 4 yakni terkelola dan terukur,   atau setidaknya dapat mempertahankan level 3 atau tingkat terdefenisi,  yang artinya telah melaksanakan praktik pengendalian intern dan terdokumentasi dengan baik," pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir sebagai pemateri, Auditor Muda, Wahyuddin, dan Auditor Pertama
Muhammad Sudarmanto.

Ersan
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini