Breaking News

Dihadiri Ketum dan Pendiri APDESI Pusat, DPD APDESI Sulsel Resmi Dikukuhkan



KOMPAKNEWS.CO.ID—Pengurus besar Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Dewan Pimpinan Wilayah (DPD) Sulawesi Selatan resmi dilantik dan dikukuhkan, Minggu (21/08/2022).

Pengukuhan pengurus APDESI Sulsel ini berdasarkan Keputusan dengan Nomor : 001/ Panpel / DPD-Apdesi / VIII/ 2022,  pengurus Apdesi Sulsel resmi dilantik dan di kukuhkan di Aulia Eks Kantor Bupati lama, kelurahan Majjeling, Kabupaten Sidenreng Rappang.

Ketua Umum DPP APDESI Pusat Arifin Abd Majid, S.Sos,MM turun langsung mengambil sumpah pengurus DPD APDESI Sulsel periode 2022-2027.

Sesuai Surat keputusan DPP APDESI pusat  bernomor : 073/SK/DPP.APDESI/2022 periode 2022-2027.

Mereka yang dilantik Andi Mustakim sebagai Ketua terpilih APDESI Sulsel, didampingi Sekertaris Khaeruddin, SIP, Bendahara Nirlaba.

Andi Mustakim, yang juga Ketua APDESI Sidrap dan Kepala Desa Bola Bulu Sidrap usai dilantik mengatakan, momentum terbesar dalam pelantikan dan pengukuhan pengurus Apdesi Sulsel masa bhakti 2022 - 2027 ini adalah amanah besar yang siap dijalankan dengan penuh tanggungjawab.

"Amanah ini akan saya sinerjikan dengan Pemerintah dan seluruh desa di Sulsel. Alhamdulillah, ada 13 DPC APDESI Se-Kabupaten/Kota di Sulsel siap dilantik,"ungkap Andi Mustakim mengawali sambutannya usai dilantik.

Pihaknya pun berharap, setelah adanya pelantikan dan pengukuhan pengurus Apdesi Provinsi Sulsel masa bhakti 2022 - 2027, organisasi ini bisa berjalan dengan baik sesuai AD/ART Apdesi Sulawesi Selatan,harap Andi Mustakim Kepala Desa Bola Bulu tiga periode ini.

"Atas nama pribadi dan organisasi Apdesi Provinsi Sulawesi Selatan menyampakkan ungkapan terima kasih atas kehadiran kepala desa dari berbagai kabupaten di Sulsel dalam rangka menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus Apdesi Sulsel di kota Pangkajene Sidrap," tutur Mustakim Ketua DPC Apdesi Sidrap.

Sementara usai dilantik, ia dan pengurus lainnya akan menggelar musyawarah dan rapat kerja. Termasuk akan menggelar Musyawarah Cabang untuk melakukan pemilihan DPC Apdesi Kabupaten Sidrap.

"Insyaallah, dalam waktu dekat ini akan kita lakukan langkah-langkah bersama raker membahas program 5 tahu Kedepannya, termasuk mengelar Musca daerah untuk menggantikan saya selaku ketua kabupaten,"tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum DPP APDESI Pusat Arifin Abd Majid menambahkan secara normatif adalah adalah organisasi Independen.

Saat ini, banyak organisasi kepala desa di seluruh Nusantara yang terbentuk. Namun wadah yang dipimpinnya adalah organisasi pertama dan terdaftar resmi di Kementerian Hukum dan HAM RI dan diakui.

"Saya sendiri yang mendirikan organisasi ini bersama rekan-rekan Pengurus Apdesi di pusat. Alhamdulillah, Apdesi kami daftar resmi di Kemenkum HAM itu tahun 2016 lalu. Dan khusus pelantikan  dan pengukuhan pengurus Apdesi Provinsi Sulsel masa bhakti 2022 - 2027 sudah kami regulasi secara resmi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM dengan Nomor AHU-
0072972.AH.01.07.TAHUN 2016 dan perubahan Nomor AHU-0001295-
AH.01.08 Tahun 2021,"ungkap Arifin Abd Majid.

Iapun menekankan agar pasca dilantik, para pengurus Sulsel segera bekerja dan berkoordinasi dengan jajaran pemerintah untuk melaksanakan giat-giat program kerja 5 tahun kedepannya.

"Hal pertama saya ucapkan selamat bekerja, sinerjikan dengan stake holder dan pemerintah, baik pusat, provinsi maupun daerah. Saya yakin DPD Apdesi Sulsel mampu membawa angin segar organisasi dengan sinerjitas pemerintah. Silahkan teman-teman bekerja dan besarkan organisasi dengan baik. Jangan jadikan perpecahan dan perbedaan berorganisasi ini sebagai permusuhan, mereka semua tujuannya baik 5ermasuk kita," ucap Arifin berpesan.

Arifin juga menekankan kepada seluruh Kepala Desa yang berkecimpung di Apdesi ini untuk tidak terlibat politik praktis. Sebab menjelan pilkada serentak ini banyak organisasi mengatasnamakan Apdesi demi mencapai tujuan tertentu, baik pribadi maupun golongan.

"Silahkan berpolitik yang santun, tapi ingat APDESI itu organisasi netral dan tidak terlibat terlibat politik apapun. Jadi kalau ada yang berpolitik itu pribadi dan jangan bawa bendera Apdesi dalam dunia politik,"imbaunya mengingatkan.

Ditempat yang sama, Ketua Panpel Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Apdesi Sulsel,Suardi Laupe, SPd.MSi mengatakan,tema yang diangkat dalam pelantikan dan pengukuhan pengurus Apdesi Provinsi Sulsel yaitu Apdesi Memajukan Desa,Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Sejahtera, imbuhnya.

Lanjut Suardi menambahkan, hambatan dan halangan dalam perjalanan pelantikan dan pengukuhan kepengurusan Apdesi Sulsel tapi itulah dinamika organisasi selalu ada.

Terima kasih kepada semua anggota Apdesi yang memberikan support sehingga pelaksanaan pelantikan dan pengukuhan pengurus Apdesi Sulsel bisa terlaksana dengan baik dan tentu ini adalah hasil kerjasama kita sesama pengurus dan anggota Apdesi,"terangnya.

Prosesi pelantikan dan pengukuhan pengurus APDESI Sulsel ini, selain dihadiri Ketua Umum DPP Apdesi, Arifin Abdul Madjid, S.Sos.MM, juga turut dihadiri Ketua Dewan Penasehat DPD Apdesi Sulsel Ir H.Latinro Latunrung, Bupati Sidrap diwakil Asisten 1 Bidang Muh Ikbal, dan yang mewakili Gubernur Sulsel , Kapolres Sidrap, Dandim Sidrap dan Ketua dan Anggota DPRD Sidrap serta ratusan kepala desa se - Sulsel. (Ady)

Publish : Ersan

0 Komentar

© Copyright 2022 - KOMPAKNEWS.CO.ID