Breaking News

Didampingi Bhabinkamtibmas,Tim Penyuluh Peternakan Kec. Pitu Riase Lakukan Pemeriksaan pada Hewan Ternak yang Sakit



SIDRAP.KOMPAKNEWS.CO.ID—Mendengar kabar banyaknya hewan ternak yang sakit dan meninggal di wilayahnya khususnya di Desa Lombo kecamatan Pitu Riase, tim penyuluh peternakan Pitu Riase bergegas mengambil tindakan dengan mendatangi lokasi kejadian untuk mengecek dan memastikan penyebab dari sakit dan meninggalnya hewan ternak tersebut.

Dengan didampingi Bhabinkamtibmas desa Lombo,Bripka Iqbal Zainuddin yang dipantau langsung Kapolsek Pitu Riase,Iptu Antonius Pasakke,tim penyuluh dari dinas peternakan Kec.Pitu Riase mengecek dan memeriksa hewan hewan yang sakit serta memberikan suntikan dan antibiotik pada setiap hewan guna menghindari adanya lagi kematian.

"Setelah melakukan pemeriksaan dan pengecekan,kambing hanya terserang penyakit cacar, juga mencret dan kembung perut,ini biasanya karena kurangnya kebersihan kandang sehingga virus itu ada dan menyerang hewan".Ungkap H.Rahman

"Jadi kematian sejumlah kambing ini bukan karena penyakit mulut kuku (PMK) yang kita tahu bersama penyakit yang cepat menular dan terbilang ganas itu".Terang H.Rahman.

Ditempat yang sama,Syamsuddin juga meminta kepada warga untuk lebih rajin lagi melakukan pembersihan pada kandang dan terus mengontrol hewan peliharaannya dan bila ada gejala penyakit lainnya yang dilihat menyerang hewan agar bisa kordinasikan kepada penyuluh peternakan Kec.Pitu Riase agar kita bisa segera ambil tindakan".Jelasnya

Hadir dalam kegiatan kunjungan ini Bahbinkamtibmas desa Lombo,Bripka Iqbaĺ Zainuddin,PPK penyuluh peternakan kec. Pitu Riase,H.Rahman Spd bersama anggota Syamsuddin. Spt,Msi,Fiqie Zulfikar Rasyid Spt serta beberapa warga yang mempunyai ternak.

Untuk diketahui bersama data hewan ternak yang meninggal dalam kurung waktu dekat ini sudah ada 29 ekor kambing yang dimana didapat dari tiga kandang masing masing atas nama A.Aso yang merupakan ketua kelompok tani subur desa Lombo yang mempunyai sudah 22 ekor kambing yang mati karena sakit, Saharuddin 4 ekor(milik pribadi),Putrawan 3 ekor(milik pribadi) sehingga total kematian kambing ada 29 ekor kambing.

"Jadi kita pastikan kematian kambing kambing ini bukan karena penyakit menular yang ganas itu yang dikenal PMK tetapi melainkan penyakit yang datang yang diduga karena kurangmya kebersihan kandang".Tutup Rahman

Ersan

0 Komentar

© Copyright 2022 - KOMPAKNEWS.CO.ID