Breaking News

Panen Raya Program D'Komposer, Dollah Mando: Pemerintah Terus Dorong Produktivitas Pertanian



SIDRAP.KOMPAKNEWS.CO.ID–Bupati Sidrap, H. Dollah Mando didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan, Ibrahim, menghadiri panen raya program D’Komposer di Desa Timoreng Panua, Kecamatan Panca Rijang, Jumat (16/9/2022).

SVP (Senior Vice Preside) Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Kaltim, Teguh Ismartono, dan SPM CSV PT Pupuk Indonesia, Dwi Pudyasmoro Basuki, juga tampak dalam panen itu.

Dalam sambutannya, Dollah Mando menyampaikan apresiasi atas meningkatnya kapasitas produksi padi melalui program D’Komposer. 

“Pemerintah akan terus berupaya mendorong peningkatan produktivitas dan kualitas pertanian masyarakat melalui beragam inovasi,” katanya.

Karenanya ia mempersilakan Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia untuk melakukan pembinaan di setiap kecamatan yang ada di Sidrap.

“Mudah-mudahan musim panen yang akan datang hasilnya makin meningkat, artinya kelompok-kelompok tani bisa memberikan informasi kepada kita bahwa ini betul-betul bisa meningkatkan produktivitas,” katanya.

Sementara itu, Teguh Ismartono mengutarakan, D’Komposer adalah program pendampingan kepada petani dalam rangka meningkatkan bahan organik pada tanah atau lahan pertanian.

"Caranya melalui pengembalian jerami hasil panen menggunakan bio D’Komposer dalam hal ini adalah salah satu produk riset Pupuk Kaltim yaitu Biodex," terang Teguh.

Diungkapnya, dari hasil panen tersebut, yang menggunakan aplikasi biodex pada lahan seluas 25 hektar, terbukti terjadi peningkatan C organik .

Program D’Komposer, lanjut Teguh, dilatarbelakangi penurunan kandungan organik pada tanaman atau lahan pertanian akibat penggunaan pupuk kimia.

"Dengan berjalannya waktu bahan organik di dalam tanah ini semakin lama akan semakin berkurang karena menggunakan pupuk kimia, sehingga perlu ada terobosan supaya keberlangsungan dari pertanian ini bisa berjalan terus," beber Teguh.

Latar belakang lain, tambahnya, D'Komposer mendykung pengurangan emisi karbon yang digalakkan pemerintah. Juga sebagai langkah Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau CSR yang berprioritas lingkungan, pendidikan dan UMK.

Di tempat yang sama Dwi Pudyasmoro Basuki meyatakan penurunan kualitas lahan pertanian menjadi perhatian penting bagi Pupuk Indonesia Grup. 

"Penurunan kualitas lahan pertanian ini tentu memberikan efek domino lainnya seperti menurunnya produktivitas pertanian," jelas Dwi.

Dia menuturkan, program D'Komposer diinisiasi PT Pupuk Indonesia Grup sebagai salah satu komitmen perbaikan lahan pertanian secara berkelanjutan.

"Limbah jerami sisa panen dioptimalisasi melalui pengomposan sehingga memberikan value lebih pada keberlangsungan tanah pertanian," cetusnya.

Dwi berharap, dukungan dan sinergi Pemerintah Kabupaten Sidrap akan terus berlanjut dan membawa kebaikan bagi pertanian Indonesia.

Turut hadir dalam panen tersebut, Kapolsek Panca Rijang Ipda Irwan Taufik, Danramil Panca Rijang Capt. Rony,  Ketua KTNA Sidrap, H Abdul Samad, Kepala Desa Timoreng Panua Hasanuddin, penyuluh pertanian, kelompok tani, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda setempat.

Ersan

0 Komentar

© Copyright 2022 - KOMPAKNEWS.CO.ID