Breaking News

Ormas-LSM Soppeng Hadiri Bimtek Tatacara Pendaftaran Ormas



Soppeng,Kompaknews.Co.Id---Lsm Simak Kabupaten Soppeng menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) ''Tata Cara Pendaftaran Ormas", bertempat di lantai 3 warkop prima soppeng, Jum'at (18/11/2022).


Dalam kegiatan ini LSM Simak menghadirkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Soppeng, hadir selaku narasumber Dr. Rais Rahman, S.Stp, Msi Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, Agama dan Ormas (Badan Kesatuan Bangsa Prov.Sulsel), dihadiri Asisten I Administrasi Pemerintahan Drs. Muhammad Arif Dimas. D, M,Si, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Soppeng Hadi Indrajaya, dan para ketua Lsm-ormas se-Kab. Soppeng.


Asisten I Administrasi Pemerintahan Drs. Muhammad Arif Dimas. D, M, Si mewakili Bupati Soppeng dalam sambutannya, mengapresiasi adanya kegiatan ini, menurutnya, ormas-Lsm adalah mitra pemerintah.

Arif Dimas menuturkan Pemkab Soppeng menghargai dan membutuhkan Ormas-Lsm selaku mitra pemerintah, menurutnya, Lsm-Ormas memiliki peran strategis sebagai mitra pemerintah dalam menggerakkan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan, jelasnya

“Pembangunan tidak mungkin dilakukan sendiri oleh pemerintah. Dibutuhkan partisipasi dan dukungan seluruh elemen, termasuk Pers, Ormas-LSM yang kedudukannya sama sebagai pilar dalam pembangunan” ujar Arif Dimas

Adapun narasumber kegiatan, Dr. Rais Rahman, S.Stp, Msi Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, Agama dan Ormas (Badan Kesatuan Bangsa Prov Sulsel), memaparkan pentingnya pendataan juga pendaftaran organisasi.

Keberadaan organisasi kemasyarakatan (Ormas) di tengah masyarakat memiliki peranan penting sebagai wadah kegiatan positif. Namun begitu, dalam menjalankan perannya Ormas sebaiknya terdaftar di pemerintah, jalasnya

Dengan terdaftarnya organisasi masyarakat akan memberi kemudahan bagi pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan, maupun bagi ormas itu sendiri, imbuh dia

"Juga menjabarkan klasifikasi ormas skala nasional yang berbadan hukum, yakni berbentuk yayasan dan perkumpulan dan juga tatacara terdaftar di Kemenkumham, Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten dalam mendapatkan SKT".

Adapun Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Soppeng, Hadi Indrajaya menyampaikan, sebagai organisasi maupun lembaga yang hidup dan berkembang di Indonesia, dalam setiap gerak dan aktivitasnya, LSM dan Ormas harus menjunjung tinggi Pancasila serta azas yang berlaku di masyarakat berupa budaya, adat, dan etika, Kesbangpol Soppeng akan selalu membuka diri kepada rekan rekan Lsm-ormas, dalam mendukung  serta mewujudkan visi-misi Pemkab Soppeng.

Menurut Hadi Indrajaya LSM dan Ormas memiliki peran strategis sebagai mitra pemerintah untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan, tandasnya.

Dalam Kegiatan ini juga digelar diskusi dan tanya jawab antara Ketua Lsm- ormas bersama narasumber dan Kesbangpol Soppeng.

Publish : Herman - IWO

0 Komentar

© Copyright 2022 - KOMPAKNEWS.CO.ID