Breaking News

KPU Sidrap Gelar Uji Publik Penataan Dapil Anggota DPRD



SIDRAP.KOMPAKNEWS.CO.ID—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidrap menggelar kegiatan uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD persiapan Pemilu tahun 2024 yang berlangsung di Ballroom Al Ghony Hotel Grand zidny kab. Sidrap. Jumat,16/12/2022

Ketua KPU Sidrap,  Syamsuddin Saleng mengatakan uji publik dilakukan untuk memberikan masukan dan tanggapan masyarakat maupun pengurus partai politik calon Peserta Pemilu 2024.

"Kegiatan uji publik ini kami lakukan untuk menerima masukan dan tanggapan terhadap penataan Dapil yang direncanakan untuk Pemilu tahun 2024," Ujarnya

Menurutnya dalam pemaparan uji publik itu pihak KPU akan mengajukan beberapa rancangan dapil di Kabupaten Sidrap untuk Pemilu 2024 nanti kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Sulsel untuk menjadi bahan pertimbangan.

Syamsuddin juga menjelaskan kegiatan uji publik adalah untuk berdiskusi sekaligus sosialisasi tentang segala proses penataan dapil yang telah dirancang oleh KPU, apakah telah memenuhi prinsip penataan dapil yaitu Kesetaraan nilai suara, Ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, Proporsionalitas, Integralitas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama serta kohesivitas dan kesinambungan. 

Adapun hasil uji publik penataan dapil untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 tersebut menyepakati tetap 4 dapil atau sama dengan penataan dapil pada Pileg sebelumnya.

Ke empat Dapil yang disepakati tersebut, masing-masing untuk Dapil 1 meliputi Maritengngae dan Watang Sidenreng

Kemudian untuk Dapil 2 meliputi Panca Lautang, Tellu Limpoe dan Watang Pulu. Sedang Dapil 3 meliputi Baranti, Panca Rijang dan Kulo.

Sementara untuk Dapil 4 meliputi Dua Pitue, Pitu Riawa dan Pitu Riase.

Sebenarnya, sempat muncul tiga opsi saat uji publik penataan Dapil itu berlangsung. Opsi pertama tetap memakai 4 Dapil, kedua 6 Dapil dan ketiga 7 Dapil

Hanya saja, peserta mayoritas tetap menyepakati tidak adanya perubahan Dapil, yakni 4 Dapil pada pelaksanaan Pileg 2024

Ketua KPU Sidrap, Syamsuddin Saleng mengatakan, tidak adanya perubahan Dapil pada Pileg 2024, didasari dengan sejumlah pertimbangan, salah satunya faktor anggaran serta prinsip-prinsip perubahan Dapil pada Pileg mendatang dianggap belum bisa terpenuhi.

Ersan

0 Komentar

© Copyright 2022 - KOMPAKNEWS.CO.ID