Breaking News

Forkopimda Sidrap Hadiri Kegiatan Tahunan Adat Hindu Tolotang di Amparita



SIDRAP.KOMPAKNEWS.CO.ID—Kehadiran para pejabat mulai dari Bupati sidrap Ir.Dolla Mando,Wakil Bupati sidrap H.Mahmud Yusuf,Kapolres Sidrap AKBP Erwin syah S.I.K,Damdim 1402 Sidrap Letkol Inf.Andika Ari Prihantono S.H ,M.I.Pol ,Kejari Sidrap dan Ketua Pengadilan Sidrap serta Kepala kantor Kementerian Agama Kab.Sidrap yang diwakili oleh Penyelenggara Hindu selaku Plh pada acara adat Sipulung Hindu Towani Tolotang di Perinyameng ,Amparita,Kecamatan Tellu Limpoe ,Kabupaten Sidrap,Minggu/08/01/2023

Sebagai wujud harmonisasi pemerintah daerah dgn masyarakat Hindu Towani Tolotang sebagai cerminan dari kerukunan dan Toleransi Umat Bergama menjadi sebuah sikap yang harus dijaga dan dirawat oleh para  pemeluk agama khususnya di Kabupaten Sidrap.

Acara keagamaan tersebut adalah acara tahunan yang merupakan bentuk rasa syukur Komunitas Hindu Towani Tolotang kepada Tuhan Yang Maha Esa (Puang Sewae). 
Selain itu kegiatan ini merupakan wujud Toleransi sebagai warga negara Indonesia, dimana kita semua merupakan satu keluarga yang terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama.Hal tersebut merupakan tugas kita sebagai anak bangsa untuk mempertahankan dan memelihara keberagaman ini, karena ini merupakan ciri khas negara kita Indonesia,”
Pada kegiatan ini para  undangan  juga menyaksikan langsung kegiatan Masempe' yang merupakan kegiatan Tahunan maayarakat Hindu Towani Tolotang. Massempe, adalah tradisi adu ketangkasan dan kekuatan kaki, yang biasanya dilakukan oleh dua orang pria untuk saling menjatuhkan lawan, namun tidak diperbolehkan menggunakan tangan,Kegiatan ini selain sebagai seni tontonan jg memiliki nilai filosofi seperti nilai keberanian,sportipitas dan nilai pengendalian diri dalam kehidupan.

Dalam kegiatan ini turut hadir Karo Sdm Polda Sulsel Kombes Pol I Ketut Yudha Karyana, Kapolres Pare-Pare Akbp Andiko Wicaksono, S. I. K, Dandim 1405 Mallusetasi Pare-pare, Letnan Kolonel Kav Agung Wirakusuma Eka Putra, S.E. 

Terlihat dalam acara tersebut diikuti kurang lebih empat ribu orang dari berbagai daerah di wilayah di Sulawesi Selatan seperti Wajo, Pare-Pare,Pinrang,Makassar  dan dari luar sulsel.

Soefarto selaku panitia dan Penyelenggara Hindu serta Plh.Kemenag Sidrap menyampaikan Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan keagamaan ini,"ucapnya

Madhi

0 Komentar

© Copyright 2022 - KOMPAKNEWS.CO.ID