Breaking News

MANAJEMEN HUBUNGAN MADRASAH/PESANTREN DENGAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN


SIDRAP.KOMPAKNEWS.CO.ID—
Pendidikan dalam islam mempunyai kedudukan yang sangat penting sebab, dengan pendidikan ilmu pengetahuan, baik itu ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum dapat disebarluaskan dan menjadi pandangan positif bagi masyarakat dan perlu kita pahami bahwa instunsi pendidikan di indonesia yang telah mengenyam sejarah paling panjang diantaranya adalah pesantren. Instunsi ini lahir tumbuh dan berkembang telah lama. Bahkan semenjak belum dikenlnya lembaga pendidikan lainya di indonesia, pesantren telah hadir lebih awal. Hal ini menandakan bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai akar sejarah keindonesiaan.

Namun, dengan seiring dengan berjalanya waktu kini eksistensi madrasah sebagai instunsi pendidikan islam di ondonesia telah sejajar dengan sekolah umum, bahkan pesantren dianggap menjadi serangkaian kebijakan pemerintah telah menempatkan madrasah pada posisi sejajar dengan sekolah umum, baik negri maupun swasta. Kedudukan yang bersifat legal formal sebagai wujud kebijakan pemerintah, satu sisi dapat mendongkrak status madrasah di masyarakat sebagai lembaga pendidikan kelas dua meningkat dan berdiri sejajar dengan pendidikan umum.

Manajemen merupakan komponen integral dan tidak dapat dipisahkan dari proses berjalanya suatu organisasi profit maupun nonprofit secara keseluruhan, Alasanya adalah tanpa manajemen tidak mungkiin tujuan organisasi profit maupun nonprofit tersebut dapat diwujudkan secara optimal ,efektif, maupun efisien.

Adapun manajemen hubungan madrsah/pesantren dengan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, yang mana pada hakikatnya merupakan suatu sarana yang sangat berperan dalam membina dan mengembangkan pertumbuhan pribadi peserta didik di sekolah . dalam hal ini , madrasah sebagai sistem sosial merupakan bagian integral dari sistem sosial yang lebih besar yaitu masyarakat. Madrasah dan masyarakat memiliki hubungan yang sangatt erat dalam mencapai tujuan madrasah atau pendidikan secara efektif dan efisien , sebaliknya madrasah juga harus menunjang pencapaian tujuan atau pemenuhan kebutuhan masyarakat. Khusunya kebutuhan pendidikan.

Oleh karena itu , sekolah berkewajiban memberi penerangan tentang tujuan-tujuan ,program-program, kebutuhan serta keadaan masyarakat. Sebaliknya sekolah juga harus mengetahui dengan jelas apa kebutuhan,harapan,dan tuntunan masyarakat terutamma terhadap sekolah, dengan kata lain antara sekolah dan masyarakat harus menjalin hubungan yang harmonis.Hubungan sekolah dengan masyarakat bertujuan anatara lain untuk:
1. Memajukan kualitas pembelajaran, dan pertumbuhan anak
2. Memperkokoh tujuan serta meningkatkan kualitas hidup dan penghidupan masyarakat dengan sekolah.

Untuk merealisasikan tujuan tersebut, banyak cara yang bisa dilakukan oleh sekolah dalam menarik simpati masyarakat terhadap sekolah dan menjalin hubungan yang harmonis antara sekolah masyarakat. Hal trsebut anatara lain dapat dilakukan dengan memberi tahu masyarakat mengenai program-program sekolah,baik program yang telah dilaksanakan dll. Hubungan yang harmonis antara madrasah dan masyarakat ini semakin dirasakan pentingnya pada masyarakat yang telah menyadari dan memahmi pentingya pendidikan bagi anak-anaknya. Namuun tidak berarti pada masyarakat yang masih kurang menyadari akan pentingya penddikan , sekolah dituntut lebih aktif dan kreatif untuk menciptakan hubungan kerjasama yang harmonis.

Jika hubungan madrasah dengan masyarakat berjalan dngan baik,rasa tanggung jawab dan partisipasi masyarakat untuk memajukan sekolah juga akan baik dan tinggi.agar tercipta hubungan kerja sama yang baik anatara sekolah dan masyarakat , masyarakat perlu mengetahui dan memiliki gambaran yang jelas tentang sekolah yang bersangkutan, gambaran sekolah tersebut dapat diinformasikan melalui laporan kepada orang tua murid,kunjungan kerumah murid, laporan tahunan, buletin bulanan, penerbitan surat kabar, pameran sekolah, open house, kunjungan sekolah dan masih banyak lagi cara lain.

Selanjutnya apabila hubungan madrasah dan masyarakat terjalin dengan baik maka hubungan yang harmonis akan membentuk :
1. Saling pengertian antara sekolah, orang tua, masyarakat, dan lembaga-lembaga lain yang ada dimasyarakat , termasuk dunia kerja.
2. Saling membantu antara sekolah dan masyarakat karena mengetahui manfaat arti dan pentingnya peranan masing-masing.
3. Kerja sama yang erat antara sekolah dengan berbagai pihak yang ada di masyarakat dan mereka merasa ikut bertanggung jawab atas suksenya pendidikan di sekolah.

Melalui hubungan yang harmonis tersebut diharapkan tercapai tujuan hubungan sekolah dan masyarakat, yaitu terlaksananya proses pendidikan di sekolah secara produktif,efektif, dan efisien. Sehingga menghasilkan lulusan sekolah yang produktif dan berkualitas. Lulusan yang berkualitas ini tampak dari penguasaan peserta didik terhadap ilmu.
pengetahuan,keterampilan dan sikap yang dapat dijadikan bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang berikutnya sesuai dengan asas pendidikan seumur hidup.(Madhi)


Sidrap,Selasa (24-01-2023)
Di susun oleh : Sukmawati, sinar, Muh. Fuad Syuhri
Kampus. IAI DDI SIDRAP

0 Komentar

© Copyright 2022 - KOMPAKNEWS.CO.ID